-->

NIKMATNYA SATE KAMBING MUDA KHAS KEDAI BIN SALAMAH ,BONDOWOSO

Geliat kuliner Bondowoso semakin terasa ketika sang matahari sudah terbenam di ufuk barat. Belum sah rasanya jika kita ke Bondowoso tak menyantap makanan yang satu ini di kota tape, Bondowoso.

Suatu hari saya berdiskusi tentang kuliner yang nikmat di Bondowoso dengan sahabat saya yang keluarganya masih keturunan arab di Bondowoso. sahabat saya menyarankan saya untuk mencicipi kenikmatan sate bin salamah atau sate bang kadir yang keduanya merupakan legendaris sate di Bondowoso.
Bicara tentang kuliner memang tak ada matinya hanya saja kuat tidaknya perut kita melahap seluruh kuliner yang merupakan warisan nenek moyang kita. Kalau kita bicara tentang sate mungkin hampir seluruhh kota yang terkenal adalah sate ayam khas madura, tapi kalau kamu bicara olahan kambing tak lepas dari kuliner khas kampung arab, akulturasi budaya membuat kelezatan yang tak ada duanya untuk masalah perut, ya inilah kekayaan di Bumi nusantara.

Sebenarnya ini late post.................................... 

ketika saya berbincang dengan sahabat saya tentang kuliner Bondowoso dan kebetulan dia menyarankan saya untuk mencicipi kelezatan sate kambing bin salamah dan bang kadir. Saya kembali mencari file foto lama ketika saya mencicipi kelezatan sate bin salamah bersama keluarga saya,maklum saja kedai yang satu ini salah satu kedai langganan Alm.Abah Gus Bolang. warungnya hanya buka pas waktu tertentu saja apa lagi pas  Bulan Ramadhan meskipun begitu pelanggan kedai bin salam tetap setia mencicipi kelezatan daging kambingnya yang empuk.



Kepulan asap seakan menggoda pelanggan untuk mencicipi setiap gigitan satenya di kedai yang sederhana. Lokasi sate bin salamah tepat berada di depan polres Bondowoso sekitar 100 meter dari stasiun lama Bondowoso bersebelahan dengan warung buah buahan - sate Bin salamah merupakan salah satu kuliner legendari Bondowoso sebenarnya ada banyak ,kedai sate Bang kadir dan bin salamah tapi yang gus pilih adalah kedai sate bin salamah maklum lah hasil traktiran keluarga heheheheeh.

Cita rasa sate kambing muda yang empuk dengan tambahan nasi gule kambing dan es jeruk meruapakan andalan menu di kedai bin salamah. Potongan daging yang besar besar dan konon di kedai bin salamah hanya menyajikan daging kambing muda sehingga tekstur daging sate ketika digigit akan terasa empuk, apa bedanya dengan sate madura ? tentu beda sate Bin salamah hanya memakai bumbu kecap manis saja dengan taburan bawang merah saja, tak ada bumbu kacang seperti sate  madura yang kebanyakan.

Sate Bin salamah hanya salah satu kekayaan kuliner di kota Bondowoso masih banyak kedai kedai unik dengan keunikan kuliner andalan mereka tak cukup sau hari untuk menjelajahi kuliner Bondowoso. Jadi masih milih makanan cepat saji di KFC, Kuliner tradisional masih lezat lho, monggo  di coba kunjung Bondowoso.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "NIKMATNYA SATE KAMBING MUDA KHAS KEDAI BIN SALAMAH ,BONDOWOSO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel